Kamis, 17 Mei 2012

Pidato Kebersihan


Syalom,
Selamat siang.
Dewan juri yang terhormat dan rekan-rekan generasi penerus bangsa yang saya kasihi, pada saat ini saya akan membawakan sebuah pidato. Namun, ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Untuk itu, ijinkan saya memperkenalkan diri, saya Geibs Kojongian, utusan dari SMA Kr. 2 Binsus Tomohon.
 Sabagai umat yang beriman, patutlah kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan, karena berkat dan tuntunan-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat walafiat dalam rangka Lomba Bina Kreatifitas Siswa se-Kota Tomohon. Pidato saya pada saat ini berjudul “Menjaga Kebersihan, Menggapai Masa Depan”
Saudara-saudara, kebersihan berasal dari kata dasar bersih. Bersih artinya higienis atau tidak tercemar. Sehingga dapat diartikan bahwa kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Kebersihan sering dihubungkan dengan lingkungan sekitar tempat kita tinggal. Dari kecil hingga sekarang kita selalu diajarkan untuk bisa menjaga kebersihan. Kapan dan dimana saja kita berada, tanggung jawab untuk menjaga kebersihan harus kita laksanakan.
Generasi penerus bangsa, tahukah kita bahwa kebersihan merupakan cermin kepribadian seseorang? Beberapa orang di dunia ini menilai seseorang dari bisa atau tidaknya ia menjaga kebersihan dirinya sendiri. Orang yang bersih pasti memiliki kepribadian yang bagus, dan sebaliknya, orang yang tidak mampu menjaga kebersihan, itu bisa menjadi cermin bagaimana kepribadiannya.
Hal-hal diatas menunjukkan bahwa kebersihan sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tapi, di Indonesia masalah kebersihan selalu menjadi polemik yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap tahunnya selalu meningkat. Masalah kebersihan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan. Saudara-saudara, sadarkah kita bahwa dengan tidak terjaganya kebersihan ini dapat menimbulkan banyak penyakit?
Generasi kebanggaan bangsa, kita tentu sering mendengar kebersihan pangkal kesehatan. Artinya, ketika kita mampu menjaga kebersihan maka kita juga pun akan sehat. Di dunia ini semua orang ingin sehat. Tak ada orang yang menginkan dirinya untuk sakit. Hal itu karena kesehatan merupakan hal yang mahal. Namun, keadaan yang mereka alami tidak sesuai dengan keinginan mereka. Banyak orang yang sakit karena ketidakmampuan untuk mejaga kebersihan. Mereka tidak menyadari bahwa katika mereka bisa menjaga kebersihan, kesehatan pun akan mereka dapatkan.

Saudara-saudara sekalian, saat kita mampu menjaga kebersihan, kita juga akan mendapatkan kesehatan. Ketika kita sehat, kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan untuk mewujudkan cita-cita kita masing-masing, seperti belajar dengan giat dan tekun. Namun, hal itu tidak akan terjadi ketika kita sakit. Saat sakit apa yang bisa kita lakukan? Kita hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur tanpa melakukan sesuatu yang berguna bagi masa depan kita. Hal itu hanya menjadikan pintu gerbang masa depan yang buruk bagi kita. Namun, ketika kita sehat, apa pun bisa kita lakukan untuk meraih masa depan yang cerah dan memajukan negara kita ini. Dan yang pasti usaha-usaha yang kita lakukan itu akan membawakan hasil yang memuaskan untuk kita dimasa depan kelak.
Pemerintah dan masyarakat diharapkan mampu untuk bekerja sama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Pemerintah sebagai aparat negara selama ini sudah berperan dalam menjaga kebersihan dengan menambah tempat-tempat sampah di tepi jalan, menerbitkan Perda-Perda kebersihan lingkungan, walaupun dinilai belum maksimal.
Jika pemerintah melaksanakan tugas dengan baik dalam menjaga kebersihan dan masyarakat ikut memelihara kebersihan lingkungannya, alangkah indahnya kondisi lingkungan tempat kita melaksanakan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kita harus memulai dari hal terkecil dan harus mulai dari lingkungan terdekat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Menjaga kebersihan dapat ditempuh dangan cara: mencuci tangan, mencuci alat makan, mencuci kaki, dan membersihkan lingkungan tempat tinggal dari kotoran dan sampah. Dengan menjaga kebersihan, lingkungan kita akan menjadi lebih sehat dan kita akan lebih nyaman untuk berkarya demi menggapai masa depan yang menunggu kita didepan mata.
Oleh karena itu, saya menghimbau kepada rekan-rekan generasi kebanggan bangsa, mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, karena dimana ada kebersihan di situ pasti ada masa depan yang cerah. Semoga pidato saya pada saat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Selamat siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar